Pertemuan ke-6 Komisi Pelaksana Program Peningkatan Perikanan Tuna Pole & Line dan Handline (FIP SC): Memperkuat Tindakan dan Kerjasama dalam Pelaksanaan Program Peningkatan Perikanan Tuna

20180123_092843

Pertemuan rutin komisi FIP telah memasuki pertemuan yang ke-6. Pertemuan yang diadakan pada tanggal 23 Januari 2018 di kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dalam program perbaikan perikanan tuna di Indonesia, antara lain dari Direktorat Jenderal Perikanan Tangka KKP, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Asosiasi Perikanan Pole & Line dan Handline Indonesia (AP2HI), International Pole & Line Foundation (IPNLF), LINI, Masyarakat dan Perikanan Indonesia (MDPI), PT. Hatfield Indonesia, Sustainable Fisheries Partnership (SFP), The Nature Conservancy, dan WWF Indonesia.

Pertemuan ini diselenggarakan untuk membahas capaian dan perkembangan aktivitas program peningkatan perikanan (FIP Action Plan) yang dilaksanakan oleh tiap pemangku kepentingan serta langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mempercepat proses perbaikan, seperti membuat folder bersama untuk mensinergikan data-data terkait perbaikan perikanan.

Beberapa isu yang dibahas antara lain mengenai pendaftaran kapal, yang mana memerlukan pemahaman/definisi yang sama mengenai apa saja isu-isu dalam pendaftaran kapal dan bagaimana penyelesaiannya. Isu lainnya yang dibahas adalah mengenai draft rancangan pengelolaan perikanan umpan yang saat ini masih memerlukan penguatan dari segi basis data.

Terkait kegiatan FIP Action Plan, AP2HI & IPNLF mengusulkan untuk memasukkan kegiatan-kegiatan tersebut ke dalam wilayah-wilayah yang relevan untuk keperluan sertifikasi sehingga mempermudah melacak kemajuan tiap kegiatan di tiap wilayah. Setelah semua semua informasi terkumpul, draf FIP Acton Plan yang baru akan dikonsultasikan juga dengan ahli FIP.

Please follow and like us:
Follow by Email
FACEBOOK
FACEBOOK