Profil

Asosiasi Perikanan Pole & Line dan Handline Indonesia (AP2HI) didirikan atas dasar kebutuhan para pelaku industri Pole & Line dan Handline untuk dapat menyatukan suaranya di dalam suatu wadah. dan secara resmi didirikan pada tahun 2012 di International Coastal Tuna Business Forum (ICTBF).

Sebagai salah satu pemasok ikan tuna terbesar secara global, industri Pole & Line dan Handline di Indonesia telah membantu mendukung kehidupan masyarakat pesisir dan mata pencaharian mereka. Visi kami adalah mencapai bisnis dan perikanan yang berkelanjutan (suistainable fisheries). Keanggotaan AP2HI melingkupi seluruh rantai pengolahan tuna di Indonesia, baik nelayan, perusahaan penangkapan, maupun industri pengolahan. Usaha kami dalam mendukung perikanan yang berkelanjutan adalah dengan aktif menginovasi industri untuk terus meningkatkan efisiensinya sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan ketentuan dari pasar internasional. Selain itu kami juga mendorong untuk menggunakan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia secara adil, transparan, dan berkelanjutan. AP2HI secara resmi dikukuhkan pada tahun 2014 di acara 3rd International Coastal Tuna Business Forum (ICTBF) yang dilaksanakan di Jakarta.

Visi AP2HI adalah pelopor utama pembangunan perikanan tuna dan cakalang berbasis ekosistem ramah lingkungan untuk mendukung usaha kerakyatan.

Misi AP2HI adalah:

  1. Menghimpun aspirasi anggota dalam usaha perikanan PL dan HL agar dapat berusaha secara sehat dan berkelanjutan
  2. Mempromosikan perikanan PL dan HL sebagai salah satu alat penangkapan yang berpeluang mendapatkan sertifikat ekolabel
  3. Sebagai mitra dialog dari pemerintah dan Non-Governmental Organization (NGO) dalam pembangunan perikanan PL dan HL di Indonesia
  4. Membantu memperjuangkan perluasan pasar spesifik bagi produk PL dan HL
  5. Menjembatani sistem perikanan hulu-hilir bagi produk PL dan HL berdasarkan prinsip-prinsip ketelusuran (traceability) yang tertuang dalam FIP (Fisheries Improvement Project)
Follow by Email
FACEBOOK
FACEBOOK